Langsung ke konten utama

Unexpected Trip in Hatyai and Kuala Lumpur

Sampai di terminal hatyai, kita langsung nanya loket bis buat ke kuala lumpur. Katanya bis ke KL nggak ada di loket terminal, yang jual agen-agen travel di luar termnal. kita nanya agen travel di luar terminal ternyata udah abis semua. terus dia merekomendasikan naik train ke stasiun. kita naik tuk-tuk buat ke stasiun, parah ngebutnya. ini siapa yang buru-buru sih?. Sesampainya di stasiun kita ditanya sama bapak-bapak, dan ternyata nggak ada kereta dari hatyai ke KL. Dia ngajak kita ke agen travel yang udah tutup, terus nelfon orang. Tiba-tiba dateng temennya buka pintu toko. Terus dia ngasih tau harga ke KL 850bath. dia tanya "mau nanti malam ya?" Kita deal akhirnya! Tapi setelah uang dibayar, tiba-tiba berubah omongannya. Bisnya ada besok pagi jam 08.30. Oh my god, Kita di PHP-in! Tapi kita juga nggak bisa apa-apa, kalau nggak mesen sekarang buat besok nanti kehabisan lagi. Kita cuman bisa pasrah.

Terus kita nanya tempat nginap murah dimana. Salah sih nanya mereka sebenernya, udah di php-in. Mereka pun merekomendasikan hotel sekitar situ 450bath/orang. tapi uang cash kita sisa 150bath/orang. Kita nanya bisa nggak pake credit card. ternyata nggak juga. Iyalah ini daerah perbatasan agak susah sih. Mereka pun kekeuh nawarin penginapan, sampe nanya ada uang bath/ringgit berapa? kita jawab not enough. Kita pun menjauh dari mereka, udah kesel abisnya di php.

Akhirnya kita diskusi depan kafe stasiun. Terus kepikiran stay di kafe deket stasiun yang buka 24 jam. tapi nggak ada cafe yang menunjukkan open 24 hours. Ini hatyai daerah perbatasan, mengharap apa?? terus kepikiran nunggu di stasiun sampe besok pagi. Tapi setelah dipikir nggak mungkin, karna banyak pertimbangan keamanan dan kita butuh istirahat. Mana banyak anjing berkeliaran juga. Akhirnya setelah mikir kita belum sholat, muncul ide "kita stay di masjid aja dulu." Search deh masjid terdekat didaerah situ pakistan mosque 750m

Akhirnya Masjidnya ketemu, bahagia banget rasanya. Terus pas masuk kita diarahin ke tempat sholat perempuan, yang gedungnya terpisah dari masjid. Ngeliat gedungnya terpisah antara tempat sholat laki-laki dan perempuan. kita langsung mikir, "kita bisa kali ya tidur disini. lagian tempatnya khusus untuk cewek dan yang sholat disini kayaknya kita doang." Ela dan Elita akhirnya minta izin ke orang yang ada di masjid mau nginep disini. Tiba-tiba pas gue kelar wudhu. Ela dan Elita dateng udah ketawa-tawa sambil nangis. Gue gak tau apa yang terjadi? Ela cuman jawab, "terharu mil."

Terus dari luar ada bapak-bapak yang manggil "dek, adek." gue pun keluar karna Ela dan Elita masih nangis. "iya pak." Si bapak bilang, "sini ikut bapak. nanti bisa tidur disini." ditunjukin lah gue ke ruangan sebelah, "tidur disini saja, kalau tidur disamping nanti tidak nyenyak, berisik banyak orang lewat. ada kamar mandi, ada kunci juga. nanti dikunci." Terus gue liat itu tempat diatas ekspektasi kita, yang cuman butuh tempat buat istirahat dan aman. Subhanallah! pantes Ela sama Elita terharu. Kita ditanya darimana, dikira kita pelajar yang mau ke malaysia. terus kita jawab aja dari Indonesia sedang jalan-jalan saja. 

Setelah itu kita semua pindah ke ruangan samping, dan disuruh kunci kamar. Ela dan Elita pun cerita pas mereka izin buat nginep, awalnya mereka cerita kalau kita kehabisan tiket bis ke malaysia dan nggak tau mau nginep dimana. Respon mereka langsung nanya sudah makan? terus mereka nawarin tempat buat tidur di ruangan itu. "Baik bangeet mil, makanya aku terharu." kata Ela. 

Selesai sholat kita ngumpulin sisa-sisa uang bath yang kita punya. Tiyas dan Elita keluar buat beli makan. dan ada yang ngetok pintu lagi, ternyata si bapak dan imam masjid yang sudah kakek-kakek ngomong pake bahasa pakistan, si bapak sebagai penerjemah ke bahasa melayu, nanyain kita sudah makan belum?. Karna nggak mau ngerepotin kita jawab "terimakasih pak, kami sudah beli makan ada yang keluar tadi." Akhirnya si bapak ngangguk-ngangguk dan bilang, "kalau mau keluar jam 9 pintu ditutup. Besok pagi dibuka."
Tiyas dan elita dateng bawa thai tea, lemper, sama cakwe kecil-kecil manis gitu. eh, ada yang ngetok pintu lagi. Kali ini mas-mas ngasih kita botol minum. "Subhanallah. Nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan." Kali ini gue bener-bener ngerasa dapet pelajaran dari perjalanan ini. Bukan sekedar have fun. tapi juga ngerasain kebaikan warga lokal, ukhuwah islamiyah sebenernya. Gue ngerasain gimana ketika jadi minoritas muslim di negeri lain dan ngerasain kebaikan yang tulus ketika bener-bener butuh pertolongan.

Hari 7
Naik Tuk tuk - stasiun hatyai: 100 bath/4 orang
Tiket bus Hatyai - KL: 850 bath/orang
Nginep di masjid: Free
Jajan sekitar hatyay: 100 bath
-Thai tea: 40 bath
-kue manis dan lemper:20 bath

Gue percaya satu hal bahwa Rencana Allah tuh selalu baik. Pertolongan-Nya nggak pernah diduga para perantara-Nya. Backpack memberikan pengalaman berharga yang nggak gue dapetin saat cuman wisata dengan tour guide. Backpack memberikan pengalaman tidak terduga yang membuat pelakunya punya pengalaman trip yang paling berkesan. Bener kata pak Rhenald Kasali, "Tanpa tersasar kita tidak akan belajar." dan gue pun terlelap hingga suara pagar masjid dibuka saat ada orang yang sholat malam. Selang beberapa saat, adzan subuh berkumandang. kita pun siap-siap sholat, mandi, dan packing bawaan buat ke tempat agen travel lagi. Sebelum pulang, kita ketemu sama penjaga masjid yang tinggal di sebelah ruangan kita. Sekeluarga suami istri dan satu anak. Kita sempetin foto sebentar dan mengucapkan terimakasih.

Sisa-sisa receh bath yang terkumpul
Sampai di tempat agen travel, akhirnya kita tau dua orang yang php-in kita ternyata abang tuk-tuk. pantesan mereka kekeuh nawarin tiket bis dan penginapan. Karna nanti mereka dapet fee dari agen travel atau dari hotelnya. Mereka juga kepo, kita nginep dimana semalem. Kita jawab aja. hotel near this! Terus mengumpulkan receh-receh bath yang tersisa. Dapetlah empat yakult thailand dan buah-buahan.
Ini enak
Kita naik bis dan berangkat ke KL, banyak juga transit buat cek-cek passport dan cek bawaan. Pas di kantor imigrasi malaysia penjaga nya agak kepo karna wajah kita melayu tapi passport hijau. terus nanya darimana? kita jawab, Indonesia. terus dia liat-liat passport kita dan liat cap kita dari bangkok. "Dari bangkok? berapa lama?" kita ceritain aja, "sedang berlibur 9 hari, dari bangkok ke phuket lalu ke hatyai, besok pulang ke indonesia dari kuala lumpur." Wajahnya agak heran gitu. Mungkin heran juga students gini mainnya jauh-jauh juga.

Hari 8
Jajan: 80 bath
-Buah Jambu/Nanas/Semangka: 15bath/buah
-Yakult Thailand: 4bath

Perjalanan selama 7 jam ke kuala lumpur cukup membosankan, karna kita udah nggak bisa internetan pake kartu thailand, di bis juga nggak ada wifi. Ya, akhirnya kita bangun-tidur-liat pemandangan sekitar-dengerin ocehan turis singapur yang bawel abis-kepoin bule-kepoin ibu-ibu main fb di hapenya-ngobrol bentar-tidur lagi-intinya kurang kerjaan. Setelah gue amatin, gue salut sama daerah perbatasan thailan dan malaysia. Kedua negara ini punya perbatasan yang infrastrukturnya sama-sama udah bagus. Terus gue jadi kepo, "apa kabar ya infrastruktur di daerah perbatasan Indonesia?". Sambil merenung dan ketiduran. Tiba-tiba bus sampai di terminal Kuala Lumpur. 
View perjalanan ke Kuala lumpur
Kita naik taxi dan jadi pelajaran jangan nanya tarif taxi, akhirnya dia minta harga jauh lebih mahal. Pas pak supir nanya jalan keluar, kita intip argonya ternyata cuman 7-10 ringgit. Ya udahlah kita ambil hikmah dan anggap aja sedekah. Setelah check in di Sim capsule hotel, kita langsung cari makan. Dan ada restoran india di sebelah hotel namanya Ali food corner. Berasa beli nasi padang (porsinya banyak, harga relatif murah) cuman menunya makanan india. Terus kita lanjut jalan kaki keliling-keliling daerah bukit bintang.
Ini lokasi halte-halte buat naik go kl
Niatnya mau jalan kaki ke Petronas twin tower, tapi pas nanya orang ternyata jauh katanya (beneran jauh). Kita diajak bareng naik go kl ke KLCC. fyi, go kl ini free cuman suka penuh jadi berdiri dan cuman beroperasi sampai jam 9/10 malam. Kelar foto-foto kita jalan-jalan dan malah nyasar, ada kali kita jalan 2km karna nyari halte go kl terdekat, tapi udah kemaleman dan udah berhenti beroperasi. Mau pesen grab, tapi kita nggak ada koneksi internet. Untungnya masih ada taxi lewat.

Malaysia Trip
Makan siang perjalanan Hatyai-KL: 5-10 Ringgit
Taxi terminal Kuala lumpur - Bukit Bintang: 37 ringgit/4orang
Makan Nasi briyani + teh tarik di food corner ala menu india: 5-7 ringgit
Jalan ke Petronas Tower: Free naik Go KL
Taxi Citi bank - Bukit Bintang: 7-8 Ringgit

Begini tampak dalam capsule
Capsule hotel enak juga ternyata walaupun kita sempet katro gitu deh, karna pertama kalinya nginep di capsule hotel. Berasa lagi di film-film hollywood ala luar angkasa, dan ternyata banyak juga temen-temen yang penasaran sama hotelnya karna liat storygram kita. Murah sih ukuran semalem, dan nyaman juga. Kamar mandi aja yang kurang oke menurut gue, karna sempit dan campur. (gue masih belum bisa terbiasa dengan hal ini) Jadi kita mandi sengaja pagi-pagi sebelum orang pada ke kamar mandi. Terus kita packing, checkout, dan titip barang. karna kita mau cari sarapan dan jalan-jalan di sekitaran hotel. Awalnya kita mau coba chinese food tapi nggak halal kata chefnya. Jadi kita balik ke Ali food corner lagi cuman ganti menu dari yang dimakan semalem. Kenyang!
Nasi briyani + sotong

Roti cane
Terus kita keliling di mall bukit bintang. Belanja oleh-oleh, jalan-jalan naik turun tangga yang kayak piano (jadi kalau kita naik tangganya ada suara piano). Ya, buang-buang waktu aja sebenernya-gabut. Terus kelar main-main di mall, kita cakap-cakap dengan mas CS hotel kami. terus dipesankan uber buat ke bandara. Terimakasih mas CS buat kebaikannya! Dan sampailah kita di bandara KLIA 1. tapi terminal pesawat kita di KLIA 2, untungnya banyak mbak CS di bandara yang bantu kita. Katanya cukup naik klia express di lantai paling bawah, cuman 2 ringgit.

Hari 9
Sarapan roti canai + teh tarik: 7-8 ringgit
Jajan oleh-oleh coklat: 20 ringgit
Belanja di mall bukit bintang: 57 ringgit
-Gantungan kunci : 9 ringgit isi 6
-Potong kuku: 19 ringgit isi 6
Taxi Grab hotel - Bandara KLIA: 18 ringgit/4orang
KLIA express : 2 ringgit

Tips selama di Malaysia:
  1. Ada transportasi gratis kemana-mana dengan GO KL!
  2. Jika mau makan murah, makan lah di resto india. Taste nya masih cocok dan harga terjangkau.
  3. Kemana-mana bisa pake grab juga.
  4. Jika naik taxi minta pakai argo.
  5. Kalau naik taxi ke bandara dan turun di KLIA 1, bisa naik KLIA express ke KLIA 2 
  6. Enjoy your trip!
Ya setelah itu kita pulang, selama di pesawat gue sama elita liat-liat majalah airline dan nyatet beberapa destinasi taman bunga yang bagus di dunia. Ya kali one day kita bisa trip bareng lagi. Nggak berangkat, nggak pulang kita dihadapkan dengan cuaca buruk. Pemandangan langit mendung, hujan deres, bahkan ada kilat. Cuman bisa berdoa, untung pendaratan mulus. Dan sampailah kita kembali di tanah air. Berasa mimpi liburan 9 hari ini, cepet banget waktu berlalu. Semoga bisa diambil hikmahnya bareng-bareng. Nanti kemana lagi ya? Yuk, jalan! :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

My First Challenge Trip to Bangkok

Okay, dinamakan challenge trip karna trip kali ini emang terkesan nekat dimana gue backpacker bersama tiga orang teman yang nggak berpengalaman ke Thailand. Bukan cuman ke satu kota tapi tiga kota sekaligus (Bangkok-Phuket-Hatyai). Ide ini diwacanakan oleh Tiyas (dari tahun lalu mau ke Thailand), kemudian Ela (punya resolusi harus ke satu negara yang belum pernah dikunjungi) akhirnya mereka berdua ngajak teman-teman lainnya. Mila (korban terlalu sering di doktrin tiyas dan ela) akhirnya tertarik ikut. Dan terakhir Elita (korban yang terdoktrin tiyas-ela-mila pas makan bakso depan kampus). Setelah fix memastikan liburan semester akhirnya kami booking tiket pesawat Jakarta-Bangkok dan tiket balik dari Kuala lumpur-Jakarta. kenapa milih balik dari kuala lumpur, karena sekalian mampir ke negara tetangga dan tiket baliknya lebih murah dibandingkan dari Bangkok ataupun Phuket. Tanggal mainnya 9 hari 8 malam (tanggal 1-9 Mei). Terus rundingan booking hotel selama 8 malem mau nginep di

Pesona Bali yang selalu memukau

Indonesia. Negeri tercinta ini semakin membuat saya jatuh cinta. Semakin banyak berkeliling Indonesia, semakin saya bangga bahwa saya dilahirkan di sebuah negeri yang memiliki pesona alam yang sangat luar biasa. Tepatnya akhir oktober hingga november 2014 lalu, saya mampir ke bali 3 hari 2 malam bersama rombongan teman ayah dan keluarga untuk family gathering. Pikiran saya mengenai Bali sebelumnya adalah banyak mistisnya, banyak turisnya, ramai, dan sejujurnya ketika ayah bilang ke Bali. Saya tidak terlalu semangat, karna merasa Bali sudah terlalu mainstream untuk didengar. Dari bandung saya sampai rumah malam hari, dan kemudian pagi buta saya kembali bersiap untuk ke bandara. Karna keberangkatan kami subuh-subuh. Saya terlalu sibuk mengantuk selama berangkat dari rumah, hingga sampai di Bali. yang saya ingat, ketika bangun dan pesawat hampir landing , pemandangan bandara Ngurah Rai keren! Sesampainya di Bali sekitar jam 7.20 wib. terdapat perbedaan waktu antara bali dan ja