Langsung ke konten utama

My First Challenge Trip to Phuket

Finally, we arrive in phuket. kita sampai pagi hari. Suhu di phuket lebih sejuk dibanding Bangkok. Pantes ada yang bilang Phuket itu Bali-nya Thailand. Banyak tempat wisatanya dan dimana-mana banyak agen travel. Kita langsung naik taxi menuju hotel, dan driver taxi nya nggak pake argo langsung nentuin harga. Argonya dia tutupin pake topi. curang. Karna kepagian kita belum bisa check in hotel. Hotel kita di Phuket namanya Yim Siam Hotel. Kita titip barang dan cari sarapan tapi belum ada yang buka. Untungnya Seven eleven udah buka!
Ini spaghetti terbaik disaat lapar
Jadi mas dan mbak cashier di sevel ini peduli tentang kehalal-an makanan pembelinya. Kadang gue aja suka khilap ambil makanan terus pas dibaca lagi ternyata ada pork ditulisan depannya, terus pernah pilih spaghetti dagingnya udah chicken eh mbaknya yang peka, "no label halal". Semenjak itu gue lebih peka melihat semua makanan berdasarkan label halalnya. Tapi buat biskuit dan permen gue give up deh nyari yang label halal. Asalkan lulus barcode si mbak/mas sevel gue percaya. I trust you mbak/mas cashier sevel

Makanan tiap hari ke sevel selama di phuket
Jam 1 siang, kita dijemput travel dadakan booking-an kenalan temen tiyas. Awalnya panik bayar travelnya berapa? kita kan mau backpack. Pas ditanya mau kemana sama drivernya aja kita bingung. And then, tempat pertama kita dibawa ke tempat oleh-oleh makanan (lupa nama tempatnya apa). Banyak makanan kayak sambel-sambel khas thailand, olahan makanan kering laut ikan/teri/cumi yang dikasih bumbu, mecem-macem abon ikan, bumbu-bumbu instant untuk menu khas thailand, manisan-manisan buah yang dikeringin, kacang mete dengan berbagai macam bumbu, dodol, ya kalau gue liat masih mirip-mirip sama oleh-oleh di Indonesia.

Terus kita minta cari tempat makan, dibawalah ke restoran gitu. Tempatnya sepi, gue mulai belajar disini. kalau tempatnya sepi nggak banyak bule, berarti ini mahal makanannya. Karna kalau gue perhatiin tempat yang makanannya rame, biasanya di pinggir jalan. Nah bule mangkir disana biasanya terus sewa motor. simple nya mereka emang backpacker. Tapi walaupun mahal, worthed sih Tom Yum seafood nya juaraa! enak banget.
The best tom yum seafoodnya
Next kita ke Kata beach. Yap! kata beach lebih sepi dibandingkan patong beach, kita duduk-duduk pinggir pantai sambil nunggu sunset tiba. udah gitu aja. Ngobrol-ngobrol curhat forget about our campus life and our routines. Feeling grateful. It's like a dream we can go to beach in thailand together. Dan waktu sunset pun tiba. Oh My God! It so beautiful. Ketika hari mulai semakin gelap, kita naik ke mobil travel lagi dan minta balik ke hotel. Abis dari hotel kita jajan lagi di sevel. Entahlah selama di Phuket ada kali sehari 3-4x kita ke sevel entah untuk beli minum, cemilan, burger, nasi, atau spaghetti. Dan disamping sevel dekat hotel ada yang jual buah gitu. Satu cup besar tapi bisa bikin kenyang. Buahnya enak dan seger banget.

View sunset di kata beach
Buah pengganjal lapar: isi apel, buah naga, nangka, melon, dan semangka
Hari 4
Taxi terminal Phuket - Hotel: 450 bath/4orang
Buah satu cup mix (buah naga, nangka, apel, jambu, semangka, melon) : 50bath/porsi
Jajan Burger/Nasi instan/ Spaghetti : 37-60 bath/bungkus
Travel Jalan di Phuket Paket: 2000 bath/4orang
-Belanja oleh-oleh makanan olahan: 500 bath
(Manisan buah, bumbu thailand, sambal, teri bumbu, etc)
-By past seafood Restaurant: 480 bath/4orang
  tom yum: 350 bath/4orang
  nasi: 60 bath/porsi
  minum: 25 bath/bottle
-Kata beach: free tiket masuk
-Jajan: 100 bath

Hari kedua di phuket kita bengong di hotel sampe dzuhur. karna hujan deres dari pagi sampe siang, jadi nggak bisa kemana-mana. Paling cuman ke sevel aja beli sarapan, abis itu bengong lagi. Setelah hujan reda, kita jalan kaki ke patong beach sekitar 2km. Liat orang main parasailing dan tidur-tiduran di pasir. Waktu itu gue bawa biskuit terus pas gue lagi naro biskuitnya tiba-tiba ada merpati yang mendekat, dengan sedikit mupeng (muka pengen). Akhirnya gue ancurin biskuitnya dan gue tebar. eh, tiba-tiba makin banyak merpati yang dateng. Seneng aja banyak merpati gitu disekitar gue jadinya.
Patong beach
Udah nungguin setengah hari, ternyata sunsetnya nggak ada karna awan mendung. Akhirnya kita cari makan dicafe-cafe sekitar patong beach. Banyak juga resto yang menawarkan menu halal. Kita makan di Seahag resto gitu. Menurut kita Padthainya enak. Kelar makan, kita mau coba ke bangla road katanya rame disana kalau malem. Bener aja, banyak banget turis-turis menuju arah sana. Jadi siklusnya para bule nih siang berjemur di patong, malem party di bangla road. Walaupun gerimis-gerimis tapi tetep ramai. Gue salah paham sama bangla road kirain disana akan banyak street food. Ternyata isinya tempat night party gitu. You know what i mean. Akhirnya kita cuman keliling-keliling dan foto-foto. abis itu balik. Untungnya di sekitaran patong beach banyak tempat belanja yang masih buka, jadi kita belanja-belanja deh.
Patung McDonald di Thailand.
Hari 5
Jajan dan sarapan : 100 bath
Buah : 50 bath
Hotel - Patong Beach: Free jalan kaki
Makan Pad Thai di resto halal pinggiran pantai: 150-200 bath
Belanja sarong thailand: 750 bath (150bath/pcs)
Patong Beach - Bangla Road: Free jalan kaki
Bangla Road - Hotel: Free jalan kaki

Hari ketiga di phuket, tiyas mau ke phi phi island berangkat dari pagi. Sedangkan Mila, Ela, dan Elita karna nggak mau snorkeling. Alasannya Mila cuman mau snorkeling di laut Indonesia, kalau snorkeling nggak usah jauh-jauh keluar negeri di Indonesia malah lebih terkenal alam bawah lautnya. :) Permisi, opini lho. Akhirnya kita berencana keliling tempat wisata phuket aja. Awalnya kita mau sewa motor sekitar 200bath/hari. Tapi kita bertiga dan SIM cuman satu. Akhirnya kita coba nanya tuk tuk ternyata mahal banget buat ke Big buddha sekali pergi dia minta 1000bath mending paket travel deh. dan kita pun nanya ke lobby hotel buat paket travel. Untunglah ada paket setengah hari gitu bisa ketiga tempat wisata di phuket. Kirain ala mobil travel yang dateng, ternyata semacam travel guide private bukan agency.

Kita janjian jam satu, tapi datengnya jam setengah 2an lewat. setelah tau itu travel bukan agency kita maklum. Tour guide nya cewek lagi, ternyata dia mama muda udah punya anak. Jadi dia abis nganter anaknya dulu gitu. cus! Pertama kita request ke Big buddha, walaupun isinya patung-patung buddha. tapi viewnyaa petjaaaah banget! keren! view-view hijau dan pantai dari atas ketinggian. Silau aja, tapi nggak panas banget kayak di bangkok.
Big Buddha
View big buddha
Terus lanjut ke Chalong Temple, sama isi temple gitu. Tapi keren-keren templenya mewah, rapih, bersih. Nah, sering-sering kaget disitu. karna ada orang yang suka nyalain petasan (kayak petasan buat nikahan orang betawi gitu. ditaro dalem gong, jadi ribut banget. Kepercayaannya sih orang yang minta nyalain petasan disitu bisa banyak rejekinya (kali). dan yang nyalain petasannya kakek-kakek gitu. Oiya belanja disini oke juga, masih murah dan ada gelang jam gitu dari bahan coconut.

Salah satu temple di area Chalong temple
View from promthep cape

Selanjutnya kita ke promthep cape sama liat view laut dari atas bukit. Sambil liat sunset. Awesome! sayang setelah sunset nggak ada penerangan jadi langsung balik. dan kita mau ke old phuket town buat wisata malem. untungnya mbaknya mau, walaupun minta tambahan fee. Nggak apa mbak, asalkan jalan-jalan kita puas. Bener cuy! Kalau mau wisata kuliner dan belanja emang wajib banget kesini di phuket. Sekeliling mata memandang isisnya street food dan penjualnya banyak yang berkerudung, artinya makanannya halal. terus setelah kita keliling nyari thai tea akhirnya dapet juga (nggak beda sih rasanya sama thai tea di Indonesia, sensasinya aja yang beda). Dan disini apa aja ada cuy, mau nyari tas, baju, souvenir, make up, etc. This is the Phuket town! terus kita kepisah sama mbaknya. akhirnya kita nunggu depan mobil deh sambil duduk di emperan toko lalu pulang.

dumpling dan bakso sosis gitu. Halal!

All Variant sushi
Nggak tau ini bener apa nggak namnaya salad thailand
Hari 6
Jajan dan Sarapan: 100 bath
Paket Travel Phi Phi Island: 2500 bath/orang
Paket Travel Jam 13.00-18.00 (4 tempat): 2500 bath/car(bisa isi 3-4 orang)
All free ticket
- Promthep cape
- Old Phuket Town
   Thai Tea (40 bath)
   Fish cake (15-20 bath/varian)
   Nasi Goreng (40 bath)
   Thai salad (50 bath)

Keesokan harinya, dari jam 7 pagi kita udah siap berangkat ke terminal phuket. karna kita udah beli tiket bis ke hatyai jam setengah 9, kita pun dijemput sama kenalan temennya tiyas. Akhirnya nemu orang di thailand bisa ngomong bahasa indonesia. Alhasil gue banyak dapet cerita tentang budaya di Thailand, tentang paham demokrasinya, cara orang thailand berdemokrasi, dan jasa raja thailand ke 9 yang membuat fotonya dikenang dimana-mana di seantero thailand. Disatu sisi gue merasa Indonesia unggul dibanding thailand, dan dibeberapa hal gue merasa Indonesia perlu belajar dari thailand. Nggak ada yang sempurna, tapi kalau mau jadi lebih baik kita harus banyak belajar dari orang/negara lain. Saking asiknya menyimak cerita tentang thailand, gak terasa udah sampe di terminal.

Kita udah buru-buru nyari bis takut telat. Eh, bisnya delay sejam. Entah ada masalah apa, jadinya kita berangkat setengah sepuluh. kita udah khawatir nih takut nggak kekejar bis dari hatyai ke kuala lumpur yang jam 18.30. Terus kita check di website, firasat tiket bis ke kuala lumpur udah abis. tapi kita masih positive thinking aja. Semoga aja ada yang jual tiket bis ke KL selain di website.

Disisni gue baru tau, ada bis yang bagasinya bisa buat naro motor, kirain gue cuman truk yang bisa. muat satu motor sih, tapi amaze aja. Setengah 10 bis berangkat. Gue gak paham sama layanan bis phuket-hatyai ini. Kita minta bis vip, tapi nggak kayak bis vip yang bangkok-phuket. pas ditanya tapi vip nya emang gini, macam bis ekonomi. Untung perjalanannya cuman 7-8 jam. Abis itu kita turun sebentar buat beli makan bersama penumpang lain. Beli fried chicken dan nasi (nasinya sticky rice) dan saosnya kayak gula cair rasanya manis. Kenapa makanan disini manis semuaaa??!

Dan sampailah kita di hatyai jam 5-an sore. Kita langsung nyari bis buat ke kuala lumpur. Akankah kita dapet bis langsung ke kuala lumpur?? simak kelanjutannya di page unexpected trip hatyai-kuala lumpur
Hari 7
Tiket Bus Phuket - Hatyai: 650 bath
Taxi hotel - Terminal Phuket: 400 bath/4orang
Fried chicken + sticky rice: 20bath

Tips selama di Phuket:
  1. Naik Taxi dari terminal Phuket minta pake argo dulu, tapi kalau supirnya kekeuh nggak mau pake argo ngalah aja.
  2. Di phuket banyak pantai ada kata beach atau patong beach. jadi luangkan waktu liat sunset.
  3. Belanja di Phuket? Ke old phuket town aja, murah dan wisata makanannya melimpah. Mau belanja apa aja adaa.
  4. Bawalah garam atau kecap asin, karna bumbu disana dominan manis.
  5. Pisahkan antara uang oleh-oleh dengan uang pribadi ya. jadi jangan sampe kekurangan budget karna kalap belanja (itu yang terjadi pada kami haha).
  6. Kalau berniat keliling phuket dengan sewa motor bisa lebih hemat sekitar 200 bath/day tapi plus gasoline isi sendiri dan jangan lupa bawa SIM C sesuai cc motor. Tapi kalau nggak mau ribet juga bisa pake paket travel dari hotel lumayan murah kalau dibagi buat rombongan (3-4 orang).
  7. Enjoy your trip!

Postingan populer dari blog ini

My First Challenge Trip to Bangkok

Okay, dinamakan challenge trip karna trip kali ini emang terkesan nekat dimana gue backpacker bersama tiga orang teman yang nggak berpengalaman ke Thailand. Bukan cuman ke satu kota tapi tiga kota sekaligus (Bangkok-Phuket-Hatyai). Ide ini diwacanakan oleh Tiyas (dari tahun lalu mau ke Thailand), kemudian Ela (punya resolusi harus ke satu negara yang belum pernah dikunjungi) akhirnya mereka berdua ngajak teman-teman lainnya. Mila (korban terlalu sering di doktrin tiyas dan ela) akhirnya tertarik ikut. Dan terakhir Elita (korban yang terdoktrin tiyas-ela-mila pas makan bakso depan kampus). Setelah fix memastikan liburan semester akhirnya kami booking tiket pesawat Jakarta-Bangkok dan tiket balik dari Kuala lumpur-Jakarta. kenapa milih balik dari kuala lumpur, karena sekalian mampir ke negara tetangga dan tiket baliknya lebih murah dibandingkan dari Bangkok ataupun Phuket. Tanggal mainnya 9 hari 8 malam (tanggal 1-9 Mei). Terus rundingan booking hotel selama 8 malem mau nginep di

Unexpected Trip in Hatyai and Kuala Lumpur

Sampai di terminal hatyai, kita langsung nanya loket bis buat ke kuala lumpur. Katanya bis ke KL nggak ada di loket terminal, yang jual agen-agen travel di luar termnal. kita nanya agen travel di luar terminal ternyata udah abis semua. terus dia merekomendasikan naik train ke stasiun. kita naik tuk-tuk buat ke stasiun, parah ngebutnya. ini siapa yang buru-buru sih?. Sesampainya di stasiun kita ditanya sama bapak-bapak, dan ternyata nggak ada kereta dari hatyai ke KL. Dia ngajak kita ke agen travel yang udah tutup, terus nelfon orang. Tiba-tiba dateng temennya buka pintu toko. Terus dia ngasih tau harga ke KL 850bath. dia tanya "mau nanti malam ya?" Kita deal akhirnya! Tapi setelah uang dibayar, tiba-tiba berubah omongannya. Bisnya ada besok pagi jam 08.30. Oh my god, Kita di PHP-in! Tapi kita juga nggak bisa apa-apa, kalau nggak mesen sekarang buat besok nanti kehabisan lagi. Kita cuman bisa pasrah. Terus kita nanya tempat nginap murah dimana. Salah sih nanya mereka seb

Pesona Bali yang selalu memukau

Indonesia. Negeri tercinta ini semakin membuat saya jatuh cinta. Semakin banyak berkeliling Indonesia, semakin saya bangga bahwa saya dilahirkan di sebuah negeri yang memiliki pesona alam yang sangat luar biasa. Tepatnya akhir oktober hingga november 2014 lalu, saya mampir ke bali 3 hari 2 malam bersama rombongan teman ayah dan keluarga untuk family gathering. Pikiran saya mengenai Bali sebelumnya adalah banyak mistisnya, banyak turisnya, ramai, dan sejujurnya ketika ayah bilang ke Bali. Saya tidak terlalu semangat, karna merasa Bali sudah terlalu mainstream untuk didengar. Dari bandung saya sampai rumah malam hari, dan kemudian pagi buta saya kembali bersiap untuk ke bandara. Karna keberangkatan kami subuh-subuh. Saya terlalu sibuk mengantuk selama berangkat dari rumah, hingga sampai di Bali. yang saya ingat, ketika bangun dan pesawat hampir landing , pemandangan bandara Ngurah Rai keren! Sesampainya di Bali sekitar jam 7.20 wib. terdapat perbedaan waktu antara bali dan ja