Langsung ke konten utama

My First Challenge Trip to Bangkok

Okay, dinamakan challenge trip karna trip kali ini emang terkesan nekat dimana gue backpacker bersama tiga orang teman yang nggak berpengalaman ke Thailand. Bukan cuman ke satu kota tapi tiga kota sekaligus (Bangkok-Phuket-Hatyai). Ide ini diwacanakan oleh Tiyas (dari tahun lalu mau ke Thailand), kemudian Ela (punya resolusi harus ke satu negara yang belum pernah dikunjungi) akhirnya mereka berdua ngajak teman-teman lainnya. Mila (korban terlalu sering di doktrin tiyas dan ela) akhirnya tertarik ikut. Dan terakhir Elita (korban yang terdoktrin tiyas-ela-mila pas makan bakso depan kampus).

Setelah fix memastikan liburan semester akhirnya kami booking tiket pesawat Jakarta-Bangkok dan tiket balik dari Kuala lumpur-Jakarta. kenapa milih balik dari kuala lumpur, karena sekalian mampir ke negara tetangga dan tiket baliknya lebih murah dibandingkan dari Bangkok ataupun Phuket. Tanggal mainnya 9 hari 8 malam (tanggal 1-9 Mei). Terus rundingan booking hotel selama 8 malem mau nginep dimana aja. Akhirnya fix 2 malem di Bangkok, 3 malem di Phuket, dan 1 malam di Kuala lumpur. Sisanya 2 malam tidur di bis; 1 malam di bis bangkok-phuket, dan 1 malam di bis hatyai-kuala Lumpur. Nah terus nyari info deh hotel/hostel yang harga nya terjangkau, reviewnya bagus, dan tempatnya strategis. Fix udah masalah inap-inap.

Nggak mau merasa liburan sia-sia, kita buat tujuan selama trip ini. Tiyas mau ke phi phi island, Ela mau ke tempat belanja, Mila dan Elita jadi turis belaka nyari wawasan katanya (korban doktrin). Selesai menentukan tujuan kita buat perkiraan budget dan Ela membuat challenge, "Budget kita harus 5 Juta selama 9 hari nanti nggak boleh lebih." Deal! Berangkatlah kita ke money changer dan nuker sekitar 3jt-an dapet 8000 bath dan 37 dollar singapur (pemberian bokap dikirain mau ke singapur waktu itu, tapi nggak jadi) dapet 117 ringgit atau mungkin sekitar 360rb-an buat bekel selama ke Malaysia hari terakhir.

Keberangkatan travel subuh dari Bandung ke Bandara Soekarno-Hatta takut kena macet, dan alhamdulillahnya sampe kecepetan 5 jam. Kekhawatiran pertama adalah takut kelebihan bagasi, karna kita cuman request 1 bagasi 20 kg buat bertiga. Untungnya kita ketemu kenalan dari satu travel bandung yang ke Bangkok juga di jam yang sama, dia sendirian dan bagasinya kosong.
Paling kiri, penyelamat bagasi kita yang kurang :)
Ini rincian tentang transport, penginapan, dan travel:
Passport: Rp 355.000
Jakarta - Don Muang: Rp 780.000/Passenger
Kuala Lumpur - Jakarta: Rp 400.000/Passenger
Penginapan di Bangkok (2 malam): Rp 1.100.000/4orang
Penginapan di Phuket (3 malam): Rp 752.000/4orang
Penginapan di Kuala Lumpur (1 malam): Rp 480.000/4orang
Biaya travel dari Bandung - Bandara PP: Rp 300.000/orang

Tipsnya:
  1. Cari tiket promo yang murah di Skyscanner.net setelah dapat infonya bisa pesen di web maskapai atau traveloka
  2. Cari penginapan yang 1 room 4 bed, jadi bisa patungan lebih murah dan nggak dicampur sama tamu lain tidurnya.
  3. Booking tiket di aplikasi/website terpercaya seperti Agoda bisa filter harga. dan pilih hotel yang review dan rate nya bagus. Dan cari tempat nginep yang dekat dengan kunjungan wisata, biar nggak mahal transport.
  4. Pastikan Passport kamu ada dan belum expired.
AND THE TRIP BEGIN...
Hari pertama kita sampai sore menjelang maghrib di Bangkok, setelah melalui perjalanan 3 jam lebih dengan kondisi cuaca yang kurang baik. Sampai di Bandara Don Muang kita linglung gimana pesen taxi buat ke hostel. Pesen uber tapi kita nggak tau locationnya. Akhirnya nanya security dan terjadi komplikasi perbincangan. karna ternyata dia nggak bisa bahasa inggris. Daripada makin runyam, pesen klik my location seadanya dan kita mencocokkan tiap plat nomer mobil yang lewat di depan bandara sama plat nomer yang tercantum di apps. Dan akhirnya nongol deh. Bapak drivernya juga nggak bisa bahasa inggris. tapi dia berusaha nangkep apa yang kita omongin, walaupun jadinya kita ngomongin apa dia jawabnya kemana.
Bangkok. We're coming
Penginapan kami di Check in My Hostel. Malam selesai Isya' kami langsung keluar cari makan malem. Customer service hostel kami menyarankan buat ke MBK karna ada restoran makanan halal disana. Katanya jalan kaki aja deket, tapi pas keluar kita malah nyasar kemana tau. Semakin nanya ke orang sekitar makin roaming. Waktu semakin malam dan MBK udah tutup jam 10 malem, akhirnya kita balik. Dan makan manggo sticky rice di pinggir jalan. Bahagia banget si kakek yang jualan ketemu kita. Dia bilang, "Assalamualaikum. Ana muslim." ya nggak nyangka si kakek muslim karna wajahnya chinese thailand gitu. Perjuangan mencari makan malem melalui gang-gang sempit dan anjing-anjing liar yang berkeliaran dimana-mana berakhir gitu aja hahaha. Ya, untung warga sekitar peka banget kalau kita berempat takut anjing. Ya gimana nggak peka, kita lari-lari tiap ada anjing yang lewat. Makan malem kita di hostel jadinya mie instan dan biskuit-biskuit yang kita bawa.

Hari 1
SIM Card Thailand: 150 bath/ bisa dipake berdua
Uber bandara ke hostel: 300 bath/4 orang
Manggo sticky rice pinggir jalan: 20 bath

Hari kedua kita udah punya list mau kemana aja di bangkok yaitu wat pho, wat arun, tempat belanja, dan asiatique. Waktu itu jam 9 tapi udah terik banget. Masuk ke wat pho ya kita keliling liat temple aja tuh sama sleeping buddha. Suhu di bangkok panas banget sekitar 31 derajat celcius. Dapet gratis minum air dingin 500ml berasa anugrah banget. terus langsung lanjut ke wat arun nyebrang naik perahu. nggak ada resto buat makan kita nyemil buah buat ganjel perut, setelah itu keliling liat temple juga dan foto pake baju daerah gitu. Awalnya nggak tertarik cuman marketingnya jago banget,bisa bayar pake rupiah 40rb. Walaupun akhirnya kita bayar pake bath, karna uang yang dibawa 100rb-an kan repot nyari kembaliannya.

Sleeping Buddha
Gue, Tiyas, Ela, Elita
Saat lagi foto depan temple, tiba-tiba ada orang yang mau foto bareng. mungkin mereka jarang liat orang berhijab, apalagi keliatannya kita masih student gitu. dan akhirnya kita kenalan, dia orang vietnam. Emang dari awal tiap jalan kemana pasti jadi perhatian. Ya jarang sih emang liat orang berhijab disana, beda sama di Indonesia yang kebalikannya dimana-mana banyak orang berhijab. Kelar keliling di wat arun kita nyari makan. Udah semaleman kita nggak makan nasi (Indonesia banget, nggak afdhol kalau belum makan nasi). Kita juga milih tempat makan yang ada menu halalnya, sampe keliling-keliling tapi pas liat menu dimana-mana ada pork.

Menyerah. Akhirnya kita makan di resto sebelum masuk wat arun, liat menunya sih nggak ada tulisan pork. tempatnya rame, jadi kita mikir ini pasti enak dan harganya lumayan murah dibanding resto sekitar situ. Jadilah kita waiting list terus dikasih mangkok kecil isi es batu. Awalnya bingung nih buat apa? ternyata buat dipegang ke tangan karna cuacanya panas banget. Ternyata pork ada dalam menu mereka tapi ada pilihan lain seperti ayam dan sapi. Kita pun milih chicken dengan request, "no pork please." Mereka pun ngangguk-ngangguk. Beres makan si waitress nanya kita, how the taste?. Ya kita jawab aja really good (tapi emang beneran enak + lagi laper juga). Banyak penjual disana yang suka ngomong 'terimakasih', tapi jangan ge-er dulu ngira mereka bisa bahasa indonesia. Itu bagian dari service mereka karna memang kawasan wisata, jadi kalau kita ngomong thank you mereka akan jawab terimakasih, kalau dirasa liat kita dengan wajah melayu.
Padthai chicken di resto deket Watpho
Karna udah waktu dzuhur kita cari masjid sekaligus tempat belanja. Setelah dicari ternyata khaosan road cuman 3km, kita pun naik tuk tuk dari wat pho. Sampai di khaosan road gue merasa nih tempat familiar pas diacara running man di bangkok. Karna mungkin udah mulai terkenal harga di khaosan road lebih mahal dibanding belanja souvenir dan kain di wat arun atau MBK. yang gue suka cuman kaos-kaos motifnya, karna di MBK nggak ada yang jual. Abis keliling khaosan road kita cari mesjid terdekat yaitu ban tuek din 400m, tapi tempatnya di gang sempit dan terlihat lebih seperti rumah. Sambil nunggu Ashar kita istirahat di Masjid, dan cari jalan ke asiatique. Setelah istrahat kita jalan kaki dari khaosan road ke dermaga Chao Phraya Express lumayan uga 3km. Capek sih, tapi suka malu kalau males jalan disana (liat turis-turis bule pada jago banget jalan kaki sambil bawa tas ransel besar-besar). Pas banget kita sampe di dermaga 5 menit sebelum keberangkatan terakhir ke Asiatique.
View di pinggir sungai bangkok river
Salah satu dermaga lain untuk naik perahu
Pemanfaatan sungai oleh bangkok sebagai tempat wisata
Selama di perahu kita melewati bangkok river, jadi banyak dermaga-dermaga lainnya sambil dipandu oleh tour guide dengan 2 bahasa yaitu english dan thailand. Sejujurnya mau tour guide nya ngomong bahasa inggris pun tetap sulit dipahami, dia tetep pake aksen thailand. Roaming asli dengernya. Dan tiba di perhentian terakhir yaitu asiatique. Kita excited banget, apalagi pas nunggu sunset di asiatique river front. setelah itu kita keliling dan duduk-duduk menikmati view malam di asiatique. Keren sih pemandangan kota di tepi sungai. Sayang kita nggak naik ferris wheelnya karna lumayan mahal dan kita harus berhemat masih hari kedua dan ada challenge survive 5jt selama disana. Next time lah ya bareng keluarga atau pasangan. Dan awalnya gue pengen banget nonton Cabaret lady boy cuman jamnya malem banget, udah capek juga keliling seharian.

Ferris Wheel di Bangkok, Mekhong
View City di malam harinya

Hari 2
Uber hostel - Wat Pho: 127 bath/4 orang
Belanja di Khaosan Road:
-Tas (150 bath),
-Kaos (160 bath/kaos),
-Gantungan kunci (100 bath isi 6)
-Kain/rok (100 bath)
Jajan di Khaosan road: 100 bath
Perahu dari Chao Phraya Express - Asiatique: 80 bath/orang
Naik Tuk tuk Asiatique - hostel: 200 bath/4orang

Hari ketiga adalah hari terakhir kita di Bangkok. Paginya kita runding buat ke MBK dulu. Barang dititip di lobby hostel, sekalian check out. Terus jalan kaki ke MBK sekitar 1kilo-an. Ternyata Mall nya baru buka jam 10, jadi kita nunggu bentar. Nggak sabar buat masuk alasannya di luar panas banget. Juara deh panasnya Bangkok! Pintu mall baru dibuka kita langsung ke lantai 5, katanya disitu ada foodcourt makanan halal. Kirain banyak yang halal ternyata hanya yang bertanda khusus. Padahal mau nyoba tom yum, tapi ternyata daginya pork. Terimakasih masnya udah jujur dan menyarankan makan di tempat yang berlabel halal. Kelar sarapan kita langsung keliling buat belanja. Kalap deh belanja oleh-oleh di MBK cheap-cheap la, tapi katanya chatuchak market lebih murah cuman adanya pas weekend. Jadi kalau berniat belanja murah di bangkok, sediakan waktu weekend untuk belanja cyyiin!

Peta dari Hostel ke MBK
Kita balik ke hostel jam dua lewat, dan super baik deh penjaga hostel kita. Kita dikasih lapak di dapur buat packing barang lagi, dan isi ulang minum buat pergi. Unforgettable dan recommend deh hostel yang satu ini, CS nya baik dan ramah banget. Ada ibu-ibu paruh baya yang suka rapihin kamar bilang ke kita, "I love you." and we said, "love you too. thank you." akward tapi spontan aja gue jawab gitu. Kemudian penjaga hostel lainnya, bilang kita student and look so young. Mungkin karna badan kita kecil-kecil kali ya singkatnya pendek.

Abis itu kita sholat dulu di Masjid sebelah hostel dan pesen uber ke Southern Bus Terminal katanya kalau ke arah selatan thailand sih bis-bis mangkalnya disini. Kita pilih keberangkatan jam 17.30 VIP bus, soalnya perjalanannya 12 jam sekalian yang nyaman buat tidur. Terminalnya bagus sih menurut gue ala shopping mall grosiran gitu gedungnya. Didalemnya ada Loket pemesanan tiket, KFC, restoran, supermarket, dan toko-toko jual baju. Terus dibagian belakang tempat bis-bisnya mangkal. Karna di karcisnya pake tulisan thailand semua, jadi kita bingung bisnya ada dimana. Nanya kesana-kemari dan akhirnya baru kita temuin. Mana kondektur bis nya juga gak bisa bahasa inggris sama sekali. Jadi kita bener-bener mengandalkan body language dan mencoba untuk saling memahami.

List harga dan pilihan bis Bangkok-Phuket
Satu hal yang gue amati adalah biksu amat dihormati guys. ketika ada biksu ikut naik bis bareng kita. Kondektur bisnya salam dulu. Mungkin kalau gue semacam salim gitu sama ustad/ustadzah kali ya. Gimana nggak dihormati jadi biksu tuh nggak gampang, stay di kuil dan baca doa-doa sepanjang hari. ada sekolah khususnya juga. Jadi cuman orang-orang yang sabar dan niat yang bisa jadi biksu. Seharusnya ustad juga gitu ya, kalau milih ustad nggak boleh sembarangan. Kalau bisa yang punya background pendidikan agama yang baik, sabar, dan perkataannya santun. Menurut gue sih harusnya gitu, no offense ya.

Hari 3
Hostel - MBK : Free Jalan kaki
-Air mineral (7-10 bath),
-Biskuit (10-15 bath),
-Permen (10 bath/10butir),
-Snack rumput laut/gurita kering (10 bath)

Lumayan perjalanannya, untung malam jadi nggak terasa karna kita kebanyakan tidur. Sampe lupa turun buat beli makan, saking nyenyaknya tidur. So far, masih banyak yang suka liatin kita karna mungkin jarang liat kelompok student-kerudungan-nyasar di thailand. And then we arrived in Phuket in the morning, i wrote phuket trip in the other page. klik here for the phuket chapter. :)

Tips selama di Bangkok:
  1. SIM card recommend AIS Traveller bisa dipake berdua buat diluar hotel aja. Untuk hemat kuota pas di hotel gunakan Wifi Hotel. Bisa dibeli pas mau keluar dari bandara.
  2. Bawa bekal makanan instant dari Indonesia seperti Pop Mie, Mie rebus, biskuit, snack, etc. Jaga-jaga kalau susah cari makanan.
  3. Nggak usah khawatir buat air putih, harganya sama kayak harga aqua botol di Indonesia. untuk menghemat bisa juga bawa botol minum isi ulang, bisa isi di hostel atau di Masjid (biasanya di beberapa Masjid disediakan air minum free).
  4. Jangan ragu untuk menawar saat belanja di daerah khaosan road atau MBK.
  5. Bawalah kipas tangan, topi, atau body lotion untuk menghindari sinar matahari yang berlebihan. karna sesungguhnya bangkok itu panas